Film Finding Mr Destiny: Cinta Pertama Tak Harus Orang Pertama

Tiya ES

Film Finding Mr Destiny menceritakan Seo Ji-woo (diperankan artis Im Soo-jung) yang berprofesi sebagai sutradara panggung di sebuah teater drama musikal. Dengan kepercayaan bahwa jodoh adalah takdir, gadis 35 tahun ini mempercayakan kisah cintanya pada seorang pria bernama Kim Jong-wook, semata pada putaran nasib. Dia tidak berusaha mengejar sang pujaan hati, tetapi juga tidak bisa melupakan alias tak pernah move on meskipun telah sekian tahun terpisah.

Ji Woo dan Jong-wook bertemu dalam perjalanan menuju India pada tahun 2005. Di dalam pesawat, ketika dirinya mabuk udara dan harus bolak-balik ke toilet, Jong-wook datang menyapa dan menawarkan obat anti mabuknya yang tinggal sebutir saja. Saat itu, Ji Woo langsung terpikat: ‘suara yang indah, dahi yang mempesona’, batinnya.

Sepuluh tahun pasca kunjungannya ke India, Ji Woo yang ternyata berpisah dengan Kim Jong-wook sebelum perjalanan pulang kembali ke Korea, tak bisa move on dari pria itu. Dia bahkan menolak lamaran Pilot Choi (diperankan Shin Sung-rook), seorang pilot militer tampan yang diperkenalkan ayahnya.

Foto: Asianwiki

Kemarahan sang ayah, berujung dengan menggiring Ji-woo ke sebuah kantor jasa ‘Cinta Pertama’ milik Han Gi-joon (diperankan Gong Yoo). Sang ayah yang putus asa, meminta Gi Joon membantu anaknya menemukan si cinta pertama brengsek itu, yang membuat Ji-woo tak pernah beranjak kemana-mana.

Gi Joon sendiri awalnya bekerja di sebuah perusahaan agen travel. Karena sikapnya yang terlalu jujur, dia kerap membuat calon turis kebingungan. Misalnya ketika ada pelanggan hendak ke Indonesia, dia memperingatkan akan kemungkinan terjadinya tsunami. Jadilah bosnya jengkel dan memecatnya.

Ketika putus asa setelah dipecat bosnya, Gi-joon berkonsultasi dengan teman masa sekolahnya yang bekerja sebagai konsultan bisnis. Ketika sedang berada di restoran, sang teman di datangi sejumlah orang yang merasa ditipu si gadis. Ternyata, gadis teman Gi-joon itu menipu para mantan pacarnya yang semuanya merupakan teman sekolah Gi-joon untuk melakukan investasi bodong.

Sebuah kejadian di kantor Polisi mengungkap fakta bahwa si gadis juga menipu para pria itu sejak SMA, dengan menjadikan mereka sebagai pacar. Para pria berasumsi, merekalah cinta pertama si gadis sejak sekolah menengah. Keributan pun tak terelakkan, mereka ribut di kantor polisi bukan karena jadi korban penipuan, tapi berebut status sebagai cinta pertama si gadis.

Kejadian ini membuat Gi-joon terinspirasi mendirikan usaha sendiri, Perusahaan jasa ‘Cinta Pertama’ yang akan membantu orang-orang menemukan cinta pertama mereka. Akhirnya, menumpang di kantor kakak iparnya yang seorang penulis buku, jadilah Gi Joon memulai usahanya sebagai bos sekaligus karyawan di perusahaan jasa miliknya.

Setelah beberapa kali bertemu calon klien yang aneh dan lucu-lucu, akhirnya jadilah Ji-woo sebagai klien pertama yang memakai jasanya. Para calon klien sebelumnya, mencari cinta pertma mereka dengan berbagai alasan, seperti minta dicarikan pacar pertamanya dan jika ketemu maka bunuh saja. Atau seorang perempuan yang hendak mencari cinta pertama suaminya, namun berpesan agar Gi Joon menghabisi saja mantan pacar suaminya itu jika sampai ditemukan.

Foto: Asianwiki

Karena baru Ji Woo yang benar-benar mencari cinta pertama untuk tujuan bisa bertemu dan bersama, maka proyek cinta pertama Ji Woo menjadi semacam debut bagi perusahaan baru Han Gi-joon.

Kembali pada kisah masa lalu Seo Ji-woo. Meskipun telah jatuh hati pada pandangan pertama, ternyata Ji-woo dan Jong-wook berpisah setiba pesawat mereka di India. Ji-woo menolak ketika Jong-wook mengajaknya travelling bersama. “Jika takdir, maka kita akan bertemu lagi,” ujarnya. Pria itu mengangguk, tersenyum, dan berpisahlah mereka.

Tanpa diduga, keduanya kembali bertemu di Hotel Destiny, sebuah motel murahan, ketika Jong Wook mabuk gegara mengendarai unta. Karena tak ada lagi kamar kosong, jadilah mereka berbagi kamar. Setelah itu, hari-hari di India dilewati keduanya bersama: mengunjungi tempat wisata, pasar, kampung, juga makan berdua.

Saat hendak kembali ke Korea, keduanya kembali berpisah. Ji-woo sengaja membatalkan penerbangannya ke Korea ketika pesawat transit di Osaka sehingga ia dan Jong-wook tak bisa bertemu. Dia ingin kembali menyerahkan kisah cintanya pada takdir, tanpa melakukan usaha apapun.

Drama Musikal

Namun, setelah bertahun-tahun, Ji-woo tak pernah bisa melupakan kisah cinta pertamanya yang tak pernah diakhiri itu. Dia juga tidak membuka diri untuk cinta baru lainnya, termasuk kepada pilot anak buah ayahnya di militer. Akhirnya setelah sekian tahun berlalu, dibantu Gi Joon, Ji-woo atas paksaan ayahnya bersedia mencari Jong-wook.

Foto: Asianwiki

Menggunakan koneksinya semasa sekolah dan kerja, Gi Joon berhasil menemukan ribuan nama Kim Jong-wook se-Korea Selatan. Dan mulailah petualangan keduanya mencari si cinta pertama Ji-woo. Banyak hal lucu, konyol, romantis dipotret sepanjang film Finding Mr Destiny imi.

Dari petualangan bersama mereka, diketahui jika Ji-woo adalah orang yang tidak suka menyelesaikan sesuatu hingga akhir. Setiap makan, dia selalu menyisakan butir terakhir atau sedotan terakhir saat minum. Alasannya, dia takut jika sesuatu sudah habis, maka hatinya akan kecewa. Ini seperti kisahnya dengan Jong-wook yang menggantung tanpa akhir: bersama atau berpisah.

Tak disangka-sangka, kebersamaan mencari ini memunculkan benih-benih cinta di hati keduanya. Di sela rasa yang mulai bersemi, Gi-joon menemukan alamat Kim Jong-wook di buku harian Ji-woo. Dia merasa marah karena Ji-woo merahasiakan kenyataan bahwa dia masih memiliki jejak Jong-wook dan telah membuat mereka berbuat konyol karena terus mencari. Meski begitu, Jo-woo kembali tidak berusaha menghubungi Jong-wook cinta pertamanya itu.

Di tengah kegalauan Ji-woo dan kejengkelan Gi-joon, suatu siang telepon di kantor Gi-joon berdering. Suara pria diujung sana meminta bantuan padanya untuk mencarikan cinta pertamanya. Seorang wanita yang dia temui di India, sepuluh tahun lalu: Seo Ji-woo. Gi-joon yang telah jatuh hati pada Ji-woo pun tertegun memegang gagang telepon. Tak dinyana, kedua orang yang pernah jatuh cinta dan terpisah, saling mencari pada 10 tahun kemudian.

Foto: Asianwiki

Lalu, akankah Ji-woo dan Jong-wook bersama? Lalu bagaimana nasib Han Gi-joon?

Yang jelas, film Finding Mr Destiny ini memberikan ending yang indah dimana Ji-woo akhirnya menemukan Tuan Takdir-nya, Han Gi-joon. Dalam sebuah kilas balik, keduanya ternyata pernah bertemu saat pesawat Ji-woo dari India transit di Osaka, Jepang.

Saat itu, Gi-joon terburu-buru pulang ke Korea karena wanita yang dicintainya akan menikah. Namun, tiket menuju Korea telah habis. Tiba-tiba, Ji-woo datang ke loket, membatalkan penerbangannya ke Korea yang akhirnya membuatnya tak bisa bertemu Jong-wook lagi. Sebagai ungkapan terima kasih, Gi-joon memberikan sekotak kue bikinannya sendiri kepada Ji-woo. Sepuluh tahun kemudian, ternyata dialah Mr Destiny yang dicari Ji-woo.

Diangkat dari drama musikal dengan cerita dan sutradara yang sama, film Finding Mr Destiny besutan sutradara Chang You-jeong dan ditulis Lee Kyung-ui ini, meskipun sudah lama, adalah tontonan komedi romantis yang layak dipilih. Seru, lucu, sekaligus mengharukan. Selain musik yang bagus, menyajikan banyak tari dan lagu, juga mengekspos dunia pertunjukan yang kompleks.

Di film Finding Mr Destiny, akting kedua bintangnya juga sudah tidak diragukan lagi. Di film ini, anda juga bisa melihat akting Lee Jee-hoon yang memerankan asisten sutradara panggung. Jee Hoon digambarkan sebagai asisten Ji-woo yang perhatian sekaligus penggemar setianya.

´╗┐Judul : Finding Mr Destiny
Judul lain : Kim Jong-wook Chatgi
Sutradara : Chang You-jeong
Penulis : Lee Kyung-ui
Rilis : 9 Desember 2010
Durasi : 112 menit
CJ Entertainment
Pemeran Utama : Lim Soo-jung, Gong Yoo