9 Drama Korea Yang Diangkat Dari Kisah Nyata, Dari Seram, Seru, Hingga Penuh Haru

Drama Korea merupakan salah satu tontonan yang selalu menarik perhatian. Ragam kisah yang diangkat membuat banyak orang penasaran untuk menyaksikan. Bisa dikatakan, industri hiburan Korea Selatan kini menjadi salah satu kiblat para pecinta drama, film, dan musik dunia.

Kisah yang diangkat drama Korea, antara lain percintaan, keluarga, perebutan harta, dan tak sedikit yang mengusung tema sejarah dan politik. Ragam ceritanya pun sukses membuat penonton terhanyut.

Selain karya fiktif, banyak kisah drama Korea yang diangkat dari kejadian nyata. Jalan ceritanya pun berhasil membuat banyak orang tertarik, mulai dari yang menginspirasi, menegangkan, hingga yang berakhir tragis.

Untuk kalian, berikut koreoso.com rangkum 9 drama Korea yang diangkat dari kisah nyata. Kamu sudah nonton yang mana?

Bachelor’s Vegetable Store

Bachelor’s Vegetable Store merupakan K-Drama bergenre komedi romantis. Drama ini tayang pertama kali pada 2011 di Channel A dalam 24 episode.

Drama ini diangkat dari kisah nyata tentang pria bernama Lee Young-suk yang memulai menjual sayuran di sebuah toko kecil pada tahun 1998. Namun siapa sangka, dalam waktu singkat dia berhasil memiliki 33 toko sayuran di seluruh negeri dan menjadi salah satu pengusaha muda sukses.

Drama ini berkisah tentang Tae-yang (Ji Chang-wook) yang tinggal bersama nenek dan adik perempuannya, Tae In (Lee Se-young). Ibu mereka meninggal dunia, sementara sang ayah sengaja meninggalkan mereka.

Kakak beradik ini kerap ke pasar untuk mengambil sayur sisa yang sudah tak terpakai untuk diolah menjadi bahan makanan di rumah.

Tae-yang memiliki teman dekat bernama Jin-sim (Wang Ji-hye), seorang yatim piatu yang tinggal di panti asuhan. Suatu hari, teman sekolah Tae-yang mengetahui kehidupannya yang susah. Ia pun kerap diejek miskin oleh temannya itu.

Agar temannya itu berhenti mengejek Tae-yang, Jin-sim mencium Tae-yang dan mengatakan pada anak tersebut bahwa ia telah mencium Tae-yang. Pada masa kanak-kanak, kejadian macam itu akan menjadi rumor sangat besar, sehingga orang melupakan tentang Tae-yang yang miskin dan berhenti mengejeknya.

Dalam kesulitan, muncul ide Tae-yang untuk menjual sayuran di pinggir jalan. Ia bekerja keras untuk berdagang dengan bantuan sang adik.

Suatu hari, dia diperkenalkan dengan seorang pemilik restoran yang lalu jadi pelanggan tetap pertamanya. Dari sana, usahanya berkembang kian pesat hingga menjadikannya salah satu inspirasi bagi kaum muda. Penasaran dengan kelanjutan ceritanya?

Miss Ripley

Miss Ripley merupakan drama Korea yang tayang pada 2011. Drama yang diangkat dari kisah nyata kehidupan keras dan berat dari seorang wanita asal Korea ini, dibintangi Lee Da-hae, Kim Seung-woo, Park Yoo-chun, dan Kang Hye-jung.

Drama Miss Ripley menceritakan tentang Jang Mi-ri (Lee Da-hae) yang merupakan wanita penghibur asal Korea Selatan yang tinggal di Jepang. Dia terjerumus dalam perdagangan manusia demi membayar hutang ayah tirinya.

Namun, ketika hutang sang ayah sudah lunas, Jang Mi-ri tetap ditahan di sana. Saking tak sanggupnya menjalani hidupnya yang keras dan gelap, Jang Mi-ri memutuskan untuk melarikan diri.

Mi-ri kemudian menyewa kamar kecil di Korea Selatan. Di gedung yang sama, Yootaka (Park Yoo-chun) juga menyewa kamar di sana. Yootaka baru saja tiba dari Jepang. Dia adalah seorang yang kaya, namun menyembunyikan identitasnya dan hidup sederhana.

Sementara untuk bisa bertahan hidup, Jang Mi-ri memalsukan ijazah dan seluruh identitasnya. Dengan itu, dia berhasil bekerja di hotel dan melayani para tamu VVIP dengan kemampuan bahasa Jepang-nya yang bagus.

Yootaka jatuh hati pada Mi-ri. Tetapi mereka adalah dua orang dari latar belakang yang jauh berbeda. Apalagi, Mi-ri juga punya masa lalu terjerumus di lembah hitam.

Hwarang

Hwarang tayang pertama kali pada 2016 dan menjadi drama yang cukup banyak digandrungi. Drama yang menceritakan prajurit khusus di era Dinasti Silla. Prajurit-prajurit ini memiliki wajah yang tampan dan masih muda. Mereka diperankan oleh Park Seo-joon, Park Hyung-sik, Minho, Do Ji-Han, Jo Yoon-woo, Kim Tae-hyung, dan Kim Hyun-joon.

Hwarang menceritakan kelompok elit muda di masa kerajaan Silla. Moo Myeong (Park Seo-joon) ingin hidup bebas seperti burung dan ingin melakukan apapun yang ia inginkan.

Sam Maek Jong/Raja Jinheung (Park Hyung-sik) ingin menjadi sosok yang begitu dikenal, bahkan ia ingin seluruh dunia mengenalnya.

Yeo Wool (Jo Yoon-woo), adalah pria misterius yang kerap sekali mengumpat. Sementara Hansung (V) merupakan sosok Hwarang termuda yang baik hati.

Hwarang memiliki arti laki-laki yang indah seperti bunga. Pasukan yang merupakan sekumpulan pemuda ini memperjuangkan cinta dan kesetiaan pada Raja Silla, yang bersetting di Seorabeol, ibu kota Kerajaan Silla, 1.500 tahun lalu.

Hwarang sendiri dibentuk oleh Ratu untuk melindungi tahta Raja Sam Maek-jong (Park Hyung-shik) yang ayahnya meninggal saat dia masih kecil. Ratu yang tidak ingin Putra Mahkota celaka, menyembunyikan Sam Maek-jong dari pihak-pihak yang ingin merebut tahta.

Signal

Signal merupakan drama Korea yang cukup laris pada 2016, drama ini bahkan sangat dinantikan season selanjutnya. Drama ini terinspirasi dari kisah nyata kasus pembunuhan berantai yang pernah terjadi selama enam tahun dari 1986-1991 di Hwaseong, Provinsi Geeyonggo, Korea Selatan.

Dengan genre thriller dan unsur kriminalitas di dalamnya, Signal berhasil membuat penontonnya tegang dan terus berpikir apa yang akan terjadi selanjutnya. Drama ini dibintangi Lee Je-hoon, Kim Hye-soo, Choi Jin-woong, serta sederet artis Korea Selatan lainnya.

Signal menceritakan tentang Park Hae-young (Lee Je-hoon), seorang perwira polisi yang suatu ketika, tanpa sengaja, menerima panggilan dari sebuah walkie talkie tua dan rusak milik polisi senior bernama Lee Jae-han (Choi Jin-woong).

Anehnya, selain walkie talkie itu tidak memiliki baterai, panggilan itu berasal dari tahun 2000, sementara Hae-young berada di tahun 2015.

Meskipun awalnya bingung dan sangsi dengan apa yang dikatakan Jae-han, seiring waktu Hae-young mulai percaya bahwa dia dan Jae-han bisa berkomunikasi menembus ruang dan waktu lewat walkie-talkie tua yang dia temukan.

Keduanya pun bersepakat untuk bekerjasama memecahkan kasus-kasus yang tidak terselesaikan di masa lalu. Dari masa depan, Hae-young memanfaatkan kemampuan profiling-nya berdasar info dari Jae-han dan catatan kasus yang dia dapatkan di tahun 2015.

Sementara Jae-han bergerak untuk menemukan penjahat di masanya dan berusaha menyelamatkan para korban yang dinyatakan meninggal di masa depan.

Apa yang mereka lakukan, tak hanya mengubah masa lalu, tetapi juga masa depan. Tanpa sengaja, apa yang mereka lakukan berhubungan dengan tragedi masa lalu yang melibatkan, baik Hae-young dan Jae-chan. Mereka pun bekerja keras memecahkan masalah, meskipun resiko besar menanti di depan mata.

Rupanya, di masa lalu, Hae-young memiliki pengalaman pahit dengan Polisi. Kakak lelakinya dibunuh secara tragis, tetapi dinyatakan sebagai bunuh diri. Hal itu memporak-porandakan keluarga dan seluruh hidupnya.

Selain itu, dia juga pernah menjadi saksi penculikan terhadap seorang bocah SD, teman sekelasnya. Dalam catatan polisi di masa depan, gadis itu dibunuh seorang pria. Tetapi, di masa lalu Hae-young menyaksikan secara langsung seorang wanita menjemput bocah itu dari sekolah.

Teman satu tim Hae-young, detektif veteran Cha Soo-hyun (Kim Hye-soo) yang merupakan kekasih detektif Lee Jae-han, akhirnya ikut terlibat dalam masalah keduanya.

Memasukkan kasus-kasus asli sebagai bagian dari cerita, Signal menjadi salah satu drama Korea yang banyak ditunggu session dua-nya.

Tunnel

Tunnel adalah drama Korea bertema psikopat yang tayang pada 25 Maret hingga 21 Mei 2017. Drama ini terinspirasi dari kisah pembunuhan berantai di Hwaseong, Provinsi Geeyonggo, Korea Selatan.

Pada tahun 1986, Detektif Park Gwang-ho (Choi Jin-hyuk) berusaha mati-matian untuk menangkap seorang pembunuh berantai. Dia mengejar pembunuh berantai dan melewati terowongan. Di sisi lain terowongan, Detective Park Gwang-ho menemukan dirinya berada di tahun 2017.

Pembunuh berantai telah melanjutkan pembunuhan yang dimulai 30 tahun yang lalu. Detektif Park Gwang-ho bekerja dengan Detektif Kim Sun-jae (Yoon Hyun-min) dan Profesor Psikologi Kriminal Shin Jae-yi (Lee Yoo-young) untuk menangkap si pembunuh.

Dalam drama ini, kita akan tahu banyak tentang bagaimana perilaku dan pemikiran seorang psikopat. Seru dan serem tentunya.

Empress Ki

Empress Ki merupakan drama Korea yang diangkat dari kisah masa Dinasti Yuan. Drama bergenre historical ini dirilis pada 2013, dimana Ha Ji-won beradu akting dengan Ji Chang-wook dan Joon Ji-mo..

Drama yang mengambarkan antara cinta dan kekuasaan ini bercerita tentang seorang wanita bernama Ki Seung-nyang (Ha Ji-won) yang memegang kekuasaan besar di Dinasti Yuan, yang didirikan oleh Jenghis Khan, selama 37 tahun.

Ki Seung-nyang menikah dengan Kaisar Huizong (Ji Chang-wook) dan berhasil menjadi permaisuri dari Dinasti Yuan. Demi posisi itu, dia telah melewati banyak halangan dan rintangan.

Sebenarnya, Ki Seung-nyang masih sangat mencintai Yaotu Wang-yoo (Joon Ji-mo). Namun demi kekuasaan ia rela meninggalkan cintanya.

Untuk sampai di posisi tertinggi, Ki Seung-nyang harus membayar mahal, termasuk kehilangan orang yang dia cintai dan menghabisi Kaisar Huizong yang sangat mencintainya.

Reply 1988

Reply 1988 tentunya drama yang menemani para pecinta K-Drama bukan? Tayang pertama kali pada November 2015, drama ini berhasil menarik perhatian banyak orang. Drama ini dibintangi oleh Lee Hye-ri, Park Bo-gum, Go Kyung-pyo, Ryu Jun-yeol, dan Lee Dong-hwi.

Drama ini, diangkat dari kisah orang-orang Korea Selatan di masa akhir 80-an, termasuk hal-hal yang terjadi pada medio tersebut, seperti demonstrasi, trend musik, permainan baduk yang sedang hits, krisis ekonomi, dll.

Reply 1988 mengisahkan persahabatan lima remaja SMA dan keluarganya yang hidup bertetangga di Ssangmun-dong, distrik Dobong, Seoul bagian Utara. Kelima remaja ini sudah sering menghabiskan waktu bersama sejak mereka masih kecil.

Mereka adalah Duk-seon (Hyeri), Jung-Hwan (Ryoo Joon-yeol), Sun-woo (Ko Gyung-pyo), dan Dong-ryong (Lee Dong-hwi), dan Choi Taek (Park Bo-gum). Kelimanya memiliki kebiasaan berkumpul di kamar Taek yang merupakan pemain baduk terkenal.

Duk-seon merupakan remaja miskin yang tinggal di rumah semi-bawah tanah atau Banjiha. Hal ini lantaran ayahnya menjamin hutang orang lain, sehingga mereka pun harus hidup susah.

Jung-hwan juga berasal dari keluarga yang sangat miskin. Namun ia kemudian menjadi kaya raya setelah sang kakak menang lotre. Jung-hwan tergila-gila pada sepak bola. Meski ia dikenal sangat cuek, namun diam-diam ia peduli dan perhatian pada orang lain.

Sun-woo merupakan anak penurut dan selalu saja mematuhi apapun yang dikatakan ibunya. Ia sudah tidak memiliki ayah lagi, sehingga hanya tinggal bersama ibu dan saudara perempuannya yang masih kecil.

Dong-ryong, merupakan sosok yang senang bermain dan selalu dekat dengan teman-temannya yang lain. Ia adalah pribadi yang santai dan selalu membawa kesenangan diantara teman-temannya. Dia tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karena nilainya jelek.

Choi Taek merupakan sosok yang terkenal di seluruh negeri. Dia adalah pemain baduk atau go internasional. Dia pendiam, tidak bersekolah formal, tetapi dewasa dan hidup dengan tujuan yang jelas.

Queen for Seven Days

Queen For Seven Days merupakan drama Korea yang diadaptasi dari kisah nyata sejarah Korea Selatan. Drama yang tayang pada 2017 ini dibintangi Park Min-young, Yeon Woo-jin, dan Lee Dong-gun.

Queen For Seven Days mencerita tentang seorang Raja bernama Yeonsangun (Lee Dong-gun). Dia memiliki sifat iri dan tidak senang dengan adik satu ayah-nya yang bernama Pangeran Jinseung atau Lee Yeok (Yeon Woo-jin). Dia merasa, sang adik selalu mendapat perhatian lebih dari banyak orang, termasuk ayahnya.

Karena khawatir posisinya akan tergeser oleh adiknya sendiri, Yeonsangun menemukan ide dan menyuruh adiknya menikah dengan seorang wanita.

Diantara konflik kedua kakak adik ini, adaShin Chae-gyung (Park Min-young) di dalamnya. Shin Chae-gyung adalah anak perempuan satu-satunya dari sekretaris kerajaan utama. Bibinya, adalah Ratu pada masa pemerintahan Raja Yeonsan.

Sebab itu, posisi keluarga Shin Chae-gyung sangat kuat sehingga menjadi incaran sejumlah bangsawan maupun keluarga kerajaan. Itu sebabnya, orangtua Chae-gyung menempatkan anak gadis mereka jauh dari Ibukota, tepatnya di Geochang.

Diangkat dari sejarah, drama ini menampilkan kisah asmara Pangeran Jinseung dan Shin Chae-gyung yang berakhir tragis.

Fight for My Way

Fight for My Way merupakan drama Korea yang terinspirasi dari kisah nyata. Drama ini, dikatakan sang penulis naskah, Im Sang-cheon, terinspirasi dari kisah cinta atlet Judo Choo Sung-hoon dan sang istri.

Dirilis oleh KBS pada tanggal 22 Mei 2017, drama ini mendapuk Park Seo-joon, Kim Ji-won, Song Ha-yoon, dan Ahn Jae-hong sebagai pemeran utama. Berkisah tentang orang-orang muda yang berjuang meraih impian, drama satu ini bisa jadi pilihan untuk kalian tonton.

Drama Korea Fight for My Way menceritakan Ko Dong-man (Park Seo-joon) dan Choi Ae-ra (Kim Ji-won). Di masa sekolah, Ko Dong-man mengambil bagian dalam taekwondo dan bercita-cita menjadi petarung profesional. Sedangkan Choi Ae-ra, bercita-cita menjadi seorang penyiar.

Namun, saat dewasa Ko Dong-man bekerja sebagai karyawan kontrak di perusahaan pembasmi serangga. Walau kenyataan belum sesuai harapan, dia tidak putus asa mengejar gelar UFC .

Sementara Choi Ae-ra yang mimpi jadi penyiar, kini adalah resepsionis di sebuah department store. Walau begitu, dia tetap berupaya keras mengejar apa yang jadi mimpinya.

Penulis: Kugy Mukhlis/ Enda RM