14 Drama Korea Terbaik Lee Dong-wook, Gumiho Tampan Di Tale Of The Nine Tailed

Drama Korea Tale Of The Nine Tailed langsung menyedot perhatian sejak tayang perdana di TVN dan platform Viki, 7 Oktober 2020 lalu. Peran aktor kharismatik Lee Dong-wook sebagai Gumiho atau rubah berekor sembilan berumur 1000 tahun, ditunggu banyak penggemar, bahkan berbulan-bulan sebelum drama dirilis.

Selain tampan, Lee Dong-wook memiliki kemampuan akting mumpuni dan pesona yang memikat hati banyak wanita. Bintang kelahiran 6 November 1981 ini menjadi salah satu aktor Korea yang drama-dramanya banyak dinanti.

Sejak debutnya pada tahun 1999 atau sekitar 21 tahun lalu, lebih dari 30 drama dan film dibintangi pemeran utama drama Touch Your Heart (2019) dan Hell Is Other People (2019) ini.

Sebelumnya, peran Lee Dong-wook sebagai Malaikat Maut juga mencuri perhatian saat drama Goblin yang dibintanginya bersama Gong Yoo, Kim Go-eun, dan Yoo In-na tayang tahun 2017 lalu.

Bagi kalian yang penasaran tentang oppa satu ini, berikut Koreoso.com rangkum 14 drama Korea terbaik dibintangi Lee Dong-wook lengkap dengan sinopsisnya. Dijamin bikin baper.

Life (2018)

Drama Korea Life tayang perdana di JTBC pada Januari 2018 lalu. Drama 16 episode ini, mengambil latar belakang kehidupan di sebuah rumah sakit bereputasi bagus dan cukup terkenal di Korea bernama Sankook University Hospital.

Dr. Ye Jin-woo (Lee Dong-wook) adalah seorang dokter yang bertugas di emergency medical centre (IGD kalau di Indonesia) yang pendiam, pintar, dan berkharisma. Dokter Yee memiliki hubungan seperti ayah dan anak dengan dr. Lee Bo-hoon (Cheon Ho-jin), direktur Sankook University Hospital yang sudah menjabat selama beberapa periode.

Dokter Lee Bo-hoon tiba-tiba ditemukan meninggal dunia setelah jatuh dari atap gedung apartemen milik dr. Kim Tae-sang (Moon Sung-keun), yang merupakan wakil direktur di rumah sakit Sankook. Kematian dr. Lee Bo-hoon dinyatakan sebagai kecelakaan akibat serangan jantung.

Namun, dr. Ye Jin-woo tidak percaya dan merasa ada yang tidak beres mengingat adanya konflik korupsi dan masalah internal yang saat itu terjadi.

Dalam waktu dekat pasca meninggalnya Lee Bo-hoon, Sankook University Hospital diakuisisi oleh Hwajeong Group, konglomerasi keuangan besar di Korea yang berambisi menguasai industri medis. Konglomerasi ini sudah memiliki perusahaan asuransi, farmasi, dan beberapa yang terkait dengan dunia kesehatan.

Pengambil-alihan RS-pun mengubah sistem di dalam rumah sakit. Apalagi, Direktur yang baru, Goo Seung-hyo (Cho Seung-woo) banyak membuat kebijakan-kebijakan baru yang lebih berorientasi pada provit atau keuntungan.

Dr Ye Jin-woo kemudian banyak membangkang pada aturan baru rumah sakit dan kerap bertentangan dengan direktur baru.

Dengan plot yang tebal dan banyak sisi gelap sebagai bahan konflik, drama Life bukanlah drama yang ringan. Tidak seperti kebanyakan drama medis yang kaya akan berbagai informasi dan istilah-istilah bidang kesehatan, drama ini lebih cocok disebut drama politik dengan latar belakang medis.

Hotel King (2014)

Drama Korea Hotel King menceritakan gadis pewaris sebuah hotel besar, satu-satunya hotel bintang tujuh yang ada di Korea Selatan, bernama Ah Mo-ne (Lee Da-hae). Dia bertemu dengan Cha Jae-wan (Lee Dong-wook) yang bekerja sebagai General Manager di hotel miliknya.

Jae-wan adalah seorang yang ambisius dan pekerja keras, tetapi memiliki masa lalu yang sedih setelah dia dan ibunya ditinggalkan sang ayah.

Jae-wan awalnya ragu untuk menyukai Ah Mo-ne karena mengira si gadis adalah adik tirinya. Sementara Ah Mo-ne juga ragu karena kematian ayahnya berhubungan dengan Jae-wan.

Apalagi hadirnya beberapa orang diantara hubungan mereka membuat terjadi banyak kesalah-pahaman. Drama yanng ditulis Jo Eun-jung dan dibesut sutradara Kim Dae-jin dan Jang Joon-ho sepanjang 32 episode ini, merupakan reuni kedua bintang utamanya, Lee Dong-wook dan Lee Da-hae yang pada tahun 2005 sama-sama membintangi drama My Girl.

Tale Of The Nine Tailed (2020)

Tale of the Nine Tailed menggandeng Lee Dong-wook, Jo Bo-ah, dan Kim Bum sebagai pemeran utama. Drama ini mengisahkan seekor rubah berekor 9 atau Gumiho bernama Lee Yeon (Lee Dong-wook) yang hidup sebagai manusia dan berbaur dengan masyarakat. Di masa lalu, dia adalah roh penunggu gunung yang dihukum karena membangkang pada takdir demi menyelamatkan gadis yang dia cintai.

Gumiho adalah makhluk yang ditakdirkan untuk jatuh cinta pada satu orang saja seumur hidup mereka. Itu lah kenapa, hingga beratus tahun kemudian, dia masih menunggu gadis yang dia cintai bereinkarnasi.

Suatu hari, Lee Yeon harus berhadapan dengan Nam Ji-ah (Jo Bo-ah), seorang produser televisi yang berambisi pada kisah-kisah supranatural. Dia adalah seorang gadis yatim piatu. Ayah dan ibunya menghilang pasca kecelakaan mobil saat Ji-ah masih kecil.

Di masa kecil, Lee Yeon lah yang menyelamatkan Ji-ah dari kecelakaan maut yang mengerikan itu. Dan kini, gadis itu telah dewasa dan memiliki kemiripan wajah dengan kekasih Lee Yeon dari masa lalu. Kini, Nam Ji-ah mengejar Lee Yeon untuk mendapatkan kisah-kisah supranatural yang diketahui pria itu.

Lee Yeon sendiri memiliki hubungan yang buruk dengan adik tirinya, Lee Rang (Kim Bum) yang berumur 600 tahun. Lee Rang adalah gumiho yang senang menikmati kekacauan dan kesedihan dalam hidup manusia.

My Girl (2005)

Drama Korea My Girl rilis tahun 2005 dan merupakan salah satu drama berating tinggi, mencapai 24, 9 persen saat ditayangkan secara nasional di Korea Selatan. Drama My Girl yang dibintangi Lee Dong-wook dan artis Lee Da-hae ini berkisah tentang kontrak aneh antara Gong Chan (Lee Dong-wook) dengan Joo Yoo-rin (Lee Da-hae), seorang gadis mirip sepupunya yang telah lama menghilang.

Dengan nominal uang cukup besar, Gong Chan menawari Yoo-rin untuk menyamar sebagai sepupunya itu dan datang kepada kakeknya. Dari sekian banyak cucunya, si kakek sangat menyayangi si cucu yang menghilang itu. Dua sepupu palsu ini, tak disangka kemudian saling jatuh cinta.

Namun, hal itu tidak mudah setelah mantan kekasih Gong Chan yang seorang petenis terkenal bernama Kim Seo-hyeon, bertekad untuk mendapatkan Gong Chan kembali. Tak hanya itu, Joo Yoo-rin juga didekati oleh pemuda playboy bernama Se Jeong-woo.

Karena sukses di negara asalnya, drama ini sempat di remake di Indonesia dalam sinetron berjudul ‘Benci Jadi Cinta’ yang diputar di RCTI pada tahun 2006 dengan dibintangi Nia Ramadhani, Jonathan Frizzy, Al Fathir Muchtar, dan Donita.

Hanoy Bride (2005)

Drama Korea Hanoy Bride berkisah tentang seorang dokter bernama Park Eun-woo (Lee Dong-wook) yang jatuh cinta pada seorang mahasiswi asal Vietnam yang kuliah di jurusan Sastra Korea. Gadis bernama Ly Thi Vu (Kim Ok-bin) yang merupakan penerjemahnya ketika bekerja sebagai dokter di salah satu rumah sakit di Vietnam.

Sayangnya hubungan tersebut ditentang oleh kakak si gadis yang rupanya punya masa lalu kelam dengan pria Korea. Kakak Ly, ditinggalkan begitu saja oleh suaminya yang seorang pria asal Korea.

Suatu ketika, ayah Park Eun-woo sakit dan dia mendadak harus kembali ke Korea. Dia menitip pesan pada Kakak Ly Thi Vu agar kekasihnya itu menemuinya di bandara. Sayangnya pesan itu tak pernah sampai pada Ly sehingga dia salah paham bahwa pria yang dia cintai itu, telah mencampakkannya begitu saja.

Bertahun kemudian, Lhy datang ke Korea sebagai tunangan Park Sok-woo, kakak Park Eun-woo, untuk membalas dendam pada mantan pacarnya.

Drama dua episode besutan sutradara Park Kyung-ryul dan naskahnya ditulis Park Eun-hee ini, merupakan salah satu drama romantis Lee Dong-wook yang sayang untuk dilewatkan. Dengan jumlah episode relatif sedikit yakni dua saja, tentu Chingu tidak mau ketinggalan untuk nonton kan?

Scent of a Woman (2011)

Drama Korea Scent of Woman tayang di SBS pada Juli hingga September 2011. Drama Korea romantis ini berkisah tentang Lee Yeon-jae (Kim Sun-a), seorang gadis berumur kepala tiga yang hanya bersekolah hingga SMA. Dia tinggal bersama ibunya setelah sang ayah meninggal ketika dia masih SMA. Dia menjalani hidup hemat serta gemar menabung.

Kang Ji-wook (Lee Dong-wook) merupakan direktur Line Tour dimana Lee Yeon-jae pernah bekerja dulu. Keduanya bertemu tanpa sengaja di Jepang ketika Ji-wook salah mengenali tour guidenya. Mereka menghabiskan waktu bersama setelah sempat dicopet dan dikejar-kejar Yakuza.

Rupanya, alasan Yeon-jae berhenti dari Line Tour adalah karena perlakuan tidak adil yang diterimanya, plus kenyataan bahwa umurnya divonis tinggal enam bulan setelah dia diketahui terkena kanker perut.

Di sisa umurnya yang singkat, Yeon-jae bertekad melakukan 20 hal yang dia buat dalam daftar list-nya, diantaranya liburan ke luar negeri (dalam hal ini Osaka Jepang), belajar tari Tango, melewati hari dengan orang yang dicintai, dll.

Mengharukan dan memberi pembelajaran bahwa sesingkat apapun waktu yang dimiliki, hidup itu berharga dan harus dijalani dengan optimis serta bahagia.

Partner (2009)

Drama Korea Partner rilis pada 2009 dalam 16 episode dan tayang di stasiun TV KBS2. Berlatar-belakang dunia hukum, drama Partner berkisah tentang Kang Eun-ho (Kim Hyun-joo) dan Lee Tae-jo (Lee Dong-wook), dua orang pengacara yang bekerja di satu firma hukum.

Kang Eun-ho merupakan seorang ibu tunggal setelah suaminya meninggal, sementara Lee Tae-jo merupakan playboy, namun cukup bertanggung-jawab.Tae-jo sempat jatuh cinta pada partnernya sesama pengacara yang bekerja di bagian perceraian bernama Han Jung-won. Akan tetapi, Jung-won justru memilih mencintai Lee Young-woo yang merupakan kakak Lee Tae-jo, meskipun pria itu sudah memiliki istri.

Bersama, Kang Eun-ho dan Lee Tae-jo yang berasal dari latar belakang serta situasi berbeda, menjadi partner. Drama ini menarik karena selain banyak menampilkan berbagai kasus hukum, hubungan kedua partner yang kompak dan manis, terjalin hingga akhir.

Wild Romance (2012)

Drama Wild Romance tayang di stasiun TV KBS dalam 16 Episode pada Januari 2012. Drama ini berkisah tentang seorang bodyguard bernama Yoo Eun-jae (Lee Si-young) dan seorang atlet baseball Park Moo-yul (Lee Dong-wook).

Keduanya berkenalan dalam sebuah insiden tabrakan yang berujung pertikaian. Ternyata kejadian tersebut ada yang merekam dan kemudian mengedarkannya di internet. Padahal, saat itu Yoo Eun-jae baru saja diterima di perusahaan jasa body guard.

Untuk menyelamatkan karier Eun-jae, manager di perusahaan bodyguard mengatakan bahwa Eun-jae adalah bodyguard Moo-yul, dan insiden itu adalah video demonstrasi untuk Moo-yul.

Setelah keduanya terlibat hubungan body guard dan tuannya, Yoo Eun-jae lama-lama jatuh hati pada Moo-yul. Malangnya, mantan pacar Moo-yul yang bernama Kang Jong-hee (Jessica SNSD) muncul. Moo-yul sendiri masih ada rasa suka pada mantan kekasihnya yang mengidap bipolar disorder itu.

Karena baik Moo-yul maupun Kang Jong-hee mendapat ancaman dari peneror misterius, Moo-yul meminta Eun-jae menjadi pengawal untuk mantannya itu. Namun, ketika Jong-hee mengajak Moo-yul untuk kembali merajut cinta mereka yang pernah kandas, Moo-yul menyadari kalau kini ada Eun-jae yang mencuri hatinya.

Fugitive of Joseon (2013)

Drama Korea Fugitive of Joseon merupakan drama Saeguk yang dibintangi Lee Dong-wook dan tayang di stasiun TV KBS pada tahun 2013. Dalam drama yang juga dikenal dengan judul Heaven’s Order atau Mandate of Heaven, Lee Dong-wook berperan sebagai dokter istana bernama Choi Won.

Choi Won dituduh membunuh sahabatnya sendiri, dokter istana bernama Min Do-saeng. Karena hal itu, dia harus kabur dari kerajaan dan meninggalkan putrinya Rang (Kim Yoo-bin) yang sedang sakit. Sesekali, Choi Won menyelinap ke istana untuk mengobati putrinya dan melihat keluarganya yang kini menjadi budak di sana.

Dalam upaya membersihkan nama baiknya, Choi Won dibantu dokter istana bernama Hong Da-in (Song Ji-hyo) yang kemudian menjadi kekasihnya. Proses panjang itu, sampai pada fakta tentang persekongkolan besar tentang rencana pembunuhan Putra Mahkota Lee Hoo (Im Seul-ong).

Dengan bantuan banyak pihak, Choi Won berusaha membersihkan nama baiknya dan mengungkap dalang di balik upaya membunuh Putra Mahkota. Penuh intrik, mengharukan, dan tidak terlalu banyak adegan asmara. Selain Lee Dong-wook, akting artis cilik Kim Yoo-bin sangat memukau di drama ini.

Bubblegum (2015)

Drama Korea yang dibintangi Lee Dong-wook berikutnya adalah drama Bubblegum yang tayang 2015 lalu di jaringan TV kabel TVN. Drama yang terbagi dalam 16 episode ini berkisah tentang Park Ri-hwan (Lee Dong-wook) yang jatuh hati pada Kim Haeng-ah (Jung Ryeo-won), gadis yang sejak kecil dibesarkan oleh ibu Ri-hwan.

Di masa lalu, ibu Ri-hwan dan ayah Haeng-ah bersahabat. Namun, diam-diam ibu Ri-hwan mencintai sahabatnya itu, sehingga ketika ayah Haeng-ah meninggal, ia melampiaskan rasa kasihnya itu kepada Haeng-ah.

Karena besar bersama sejak kecil dan demi menjaga hati ibu Ri-hwan yang tidak menyetujui jika mereka menjalin hubungan asmara, baik Ri-hwan maupun Haeng-ah, menahan diri dari perasaan masing-masing.

Tetapi, ibu Ri-hwan kemudian didiagnosa mengidap alzeimer yang merupakan penyakit turunan dalam keluarganya. Orang-orang di sekitarnya pun berusaha menciptakan kenangan yang indah untuk sang ibu. Ri-hwan dan Haeng-ah sendiri, kini adalah dua orang berumur 33 tahun yang masih menjalani hubungan Platonis.

Haeng-ah yang menjadi produser di sebuah radio, memiliki kisah cinta rumit dengan pembaca berita terkenal bernama Kang Seok-joon, seorang pria yang tidak mudah peka. Sedang Ri-hwan dijodohkan dengan gadis kaya bernama Yi-seul yang tak dia cintai.

Tak ingin orang yang dikasihinya menderita, Ri-hwan berusaha memperjuangkan cintanya pada Haeng-ah. Kisah cinta yang romantis yang natural dan penuh kasih, membuat Bubblegum menjadi drama Lee Dong-wook yang sayang dilewatkan.

Goblin (2016)

Dalam drama Korea Goblin, Lee Dong-wook beradu akting dengan aktor Gong Yoo, Kim Go-eun, dan artis Yoo In-na. Pada drama yang diputar stasiun TVN pada 2017 lalu ini, Lee Dong-wook memerankan Malaikat Maut yang jatuh hati pada seorang perempuan, reinkarnasi mantan istrinya dari masa lalu.

Dikisahkan, pada masa lalu dirinya adalah seorang raja dari Goryeo bernama Wang Yeo. Raja Wang Yeo yang cemburu pada kemampuan dan pamor kakak iparnya, mencoba menyingkirkan si kakak ipar yang bernama Panglima Kim Shin (Gong Yoo). Dia juga menjadi dalang terbunuhnya permaisuri atau istrinya sendiri.

Sebuah kejadian, membuat Kim Shin yang sudah mati, kembali hidup oleh kuasa dewa dan menjadi Goblin. Tak disangka, pada 800 tahun kemudian, Goblin Kim Shin dan Raja Wang Yeo kembali bertemu tanpa saling menyadari satu sama lain.

Wang Yeo telah berubah menjadi Malaikat Maut yang sama sekali tidak memiliki ingatan akan masa lalunya. Keduanya terjebak tinggal serumah setelah si Malaikat Maut menyewa salah satu kamar di rumah mewah milik Goblin.

Drama besutan sutradara Lee Eun-book dan naskahnya ditulis penulis kenamaan Korea Selatan Kim Eun-sook ini, menjadi salah satu drama Lee Dong Wook paling rekomended karena jalan ceritanya menarik dan sinematografinya pun luar biasa.

Touch Your Hearts (2019)

Drama Korea Touch Your Heart menceritakan tentang seorang pengacara profesional dan perfeksionis bernama Kwon Jung-rok (Lee Dong-wook) yang terpaksa bekerja dengan seorang artis bernama Oh Yoon-seo (Yoo In-na) sebagai sekretarisnya.

Oh Yoon-seo adalah seorang artis terkenal yang karirnya sedang terpuruk oleh sebuah skandal dua tahun sebelumnya. Dia merupakan artis dengan penampilan sangat cantik, tetapi memiliki kemampuan akting yang buruk.

Untuk bisa bermain dalam sebuah drama karya penulis favoritnya, Yoon-seo diminta memperdalam kemampuan aktingnya dengan menjadi sekretaris pengacara sungguhan.

Drama Korea Touch Your Heart menjadi reuni antara Lee Dong-wook dan artis Yoo In-na paska keduanya dipasangkan dalam drama Goblin. Drama yang diadaptasi dari novel web berjudul Jinsimi Dadda atau Touch Your Heart karya Yegeo yang pertama kali terbit tahun 2016 oleh KakaoPage ini tayang 6 Pebruari hingga 28 Maret 2019 di jaringan tv kabel TVN, dalam 16 episode.

Drama Korea Touch Your Heart disutradarai Park Joon-hwa, sutradara sama yang menggarap drama laris Whats Wrong With Secretary Kim yang juga tayang di TVN pada pertengahan 2018 lalu.

Hell Is Other People (2019)

Drama Korea Hell Is Other People, atau judul lainnya Strangers From Hell, merupakan drama Korea bergenre misteri dan thriller yang tayang pada tahun 2019. Drama ini berkisah tentang Yoon Jung-woo (Im Si-wan), seorang karyawan baru di perusahaan swasta yang baru saja pindah ke Seoul.

Dengan uang pas-pasan, dia menyewa kamar di sebuah kos bernama Eden. Meskipun berbiaya murah, Jung-woo sempat menyesal masuk ke kos itu. Lorongnya gelap, mesin cuci seadanya, dapur kotor, serta tetangga-tetangga kamar yang menurutnya aneh. Yang tidak dia ketahui adalah fakta bahwa orang-orang di kos itu adalah para psikopat.

Dalam drama yang diangkat dari webtoon Naver karya Kim Yong-ki ini, Lee Dong-wook berperan sebagai dokter gigi bernama Seo Moon-jo. Dia adalah pribadi yang terlihat baik, tetapi sebenarnya seorang psikopat.

Untuk kalian para penggemar pesona Malaikat Maut ala Lee Dong-wook, Strangers From Hell bisa menjadi salah satu pilihanmu. Jangan kaget ya kalo oppa kesayangan kalian ini sering memperlihatkan seringai yang menyeramkan.

Blade Man (2014)

Dalam drama Korea Blade Man yang tayang pertama kali pada 2014 lalu, Lee Dong-wook memerankan CEO perusahaan game bernama Joo Hong-bin. Dia adalah pria yang punya sifat sombong dan hobi marah.

Relasinya dengan sang ayah buruk setelah ayahnya memutus hubungannya dengan Kim Tae-hee (Han Da-gam), wanita yang dia cintai.

Suatu hari, dia menengok karyawan yang habis dipukulinya di rumah sakit. Di sana, dia bertemu Son Se-dong (Shin Se-kyung), wanita yang memiliki aroma seperti Tae-hee. Hong-bin adalah karakter yang unik karena ketika marah, beberapa bilah tembaga atau pisau, keluar dari tubuhnya.

Penasaran dengan drama satu ini? Jangan lupa saksikan ya.

Penulis: Enda RM