10 Film Korea Tayang 2020, Bertabur Bintang dan Seru Habis

Tahun 2020, banyak film layar lebar terpaksa mengubah jadwal atau bahkan ditunda penayangannya lantaran pandemi Covid 19 yang melanda dunia. Meski tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, sejumlah produk layar lebar Korea Selatan tetap dirilis pada 2020, sebelum bahkan selama pandemi terjadi.

Tak hanya unggul dengan drama dan K-Pop, produk layar lebar Korea Selatan masuk dalam jajaran film berkualitas yang tak kalah keren dari besutan Hollywood. Sehingga rasanya sayang untuk tidak menjadikan film dari Negeri Ginseng sebagai bahan tontonan.

Sejumlah kisah menarik seperti serangan zombie, bencana alam, hingga konflik politik yang rilis tahun ini, bisa jadi bahan tontonanmu di rumah. Apa saja? Berikut koreoso.com rangkum 10 film Korea tayang 2020, lengkap dengan sinopsisnya.

Hitman: Agent Jun

Hitman: Agent Jun tayang pertama kali di bioskop Indonesia pada 19 Februari 2020. Film ini diperankan oleh Kwon Sang-woo dan Heo Sung-tae. Meski film laga, namun kamu juga bisa menemukan sisi humoris yang bisa membuat kamu tertawa ketika menyaksikan.

Disutradarai oleh Won Sub-choi, film Hitman: Agent Jun menceritakan tentang mantan agen rahasia unggulan National Intelligence Service (NIS), Jun (Kwon Sang-woo) yang punya keterampilan bela diri dan bertarung. Kemampuan itu membuat dirinya begitu disegani orang.

Hingga satu hari, Jun dihadapkan dengan situasi sulit, dan dia memilih melarikan diri dari tugas dan menyamarkan kematiannya. Dia mengganti identitasnya dan menjalani hidup sebagai orang biasa dengan menikah, punya anak, dan bekerja sebagai pembuat webtoon seperti yang dia impikan.

Sayangnya, karier Jun sebagai komikus tidak berjalan lancar. Karyanya banyak dihujat dan mendapat komentar pedas dari pembaca. Anaknya lalu menyarankan dia menuliskan kisahnya sendiri.

Dan ketika Jun membuat komik berdasar kisahnya sebagai agen rahasia, bahaya datang dalam hidupnya yang tenang. Dia dianggap membocorkan rahasia dari instansi dimana dia dulu bekerja. Tak hanya dia, keluarganya kini ikut terancam.

Mr. Zoo: The Missing VIP

Mr. Zoo: The Missing VIP merupakan film Korea bergenre komedi action. Meski jalan banyak plot yang mengundang tawa, aksi laga di film ini juga tak kalah keren.

Film yang tayang perdana 22 Januari 2020 di Korea dan di bioskop Indonesia pada 11 Maret 2020 ini, dibintangi oleh Lee Sung-min, Kim Seo-hyung, Bae Jeong-nam, hingga Kal So-won. Mr Zoo: The Missing VIP berkisah tentang seorang agen yang terpaksa berurusan dengan VIP

Agen intelijen dari NIS, Joo Tae-joo (Lee Sung-min), yang kariernya naik dengan pesat, benci pada semua hewan. Tapi, demi ambisinya naik ke pangkat, dia mengajukan diri melindungi VIP yang rupanya seekor panda istimewa dari Tiongkok bernama Ming-Ming. Saat pesta penyambutan, Ming-Ming diculik sebuah organisasi teroris internasional.

Ketika memburu para teroris itu, Agen Tae-joo terjatuh hingga pingsan. Saat tersadar, dia mendapati dirinya bisa mendengar para hewan bisa berbicara seperti manusia.

Dengan kemampuan barunya itu, dia meminta bantuan dari hewan-hewan untuk mencari dan menemukan kembali VIP yang hilang.

Secret Zoo

Secret Zoo merupakan film Korea yang tayang pada 15 Januari 2020. Film ini dibintangi Ahn Jae-hong, Kang So-ra, Park Young-gyu, Kim Sung-oh, dan Jeon Yeo-bin.

Film berdurasi 117 menit ini menceritakan tentang pengacara Tae-Soo (Ahn Jae-Hong) yang mengambil pekerjaan sebagai direktur kebun binatang. Saat itu, kebun binatang sedang menghadapi kebangkrutan sehingga semua binatang dijual dan tidak ada satupun tersisa.

Untuk membalikkan keadaan, proyek luar biasa dibuat. Pekerja diharuskan mengenakan pakaian hewan dan bertingkah laku seperti binatang. Aksi tersebut membuat kebun binatang tersebut menjadi viral.

Apa yang terjadi? Penasaran kan untuk nonton film-nya?

The Man Standing Next

The Man Standing Next merupakan film yang menggambarkan kondisi atmosfer politik Korea Selatan di masa kacau periode 1970-an. Film yang diadaptasi dari kisah pembunuhan Jenderal Park Chung-hee pada 1979 ini, dibintangi Lee Byung-hun, Lee Sung-min, Kwak Do-won, Lee Hee-joon, dan Kim So-jin.

Tayang perdana 22 Januari 2020 di Korea Selatan, The Man Standing Next bercerita tentang ketidak-adilan politik yang berubah menjadi kecauan parah, hingga menelan banyak korban.

Pada 26 Oktober 1979, ketegangan meningkat menyebabkan Direktur Badan Intelijen Pusat Korea (KCIA) Kim Kyu-pyeong ( Lee Byung-Hun ) membunuh pemimpin Korea, Presiden Park (diperankan Lee Sung-min).

40 hari sebelum pembunuhan terjadi, direktur KCIA sebelumnya, Park Yong-kak ( Kwak Do-won ), bersaksi melawan pemerintah Korea Selatan pada sidang kasus Koreagate di Amerika Serikat. Park Yong-kak adalah adalah mantan Kepala KCIA yang mengetahui seluruh rahasia negara dan operasi militer Korea. Itulah kenapa, Kim Kyu-pyeong dan Kwak Sang-cheon ( Lee Hee-joon) menyusun rencana untuk mencegah kesaksian itu terjadi.

Berkat perannya di film The Man Standing Next, aktor kawakan Lee Byung-hun terpilih sebagai Aktor Terbaik dalam Penghargaan Baeksang Awards 2020. Untuk kalian penyuka genre sejarah dan militer, sayang kalau tidak nonton film satu ini.

Train To Busan 2: Peninsula

Train to Busan 2: Peninsula merupakan salah satu film action yang menarik untuk disaksikan. Menyandang label bergengsi ‘Official Selection Cannes 2020’, film yang dirilis 15 Juli 2020 ini, merupakan sekuel dari film Train to Busan yang dibintangi Gong Yoo pada 2016 lalu.

Dibintangi aktor Kang Dong-won, Train to Busan 2: Peninsula bercerita tentang kekacauan dan keganasan zombie yang rupanya belum berakhir. Setelah 4 tahun pasca serangan virus misterius yang mengubah manusia jadi zombie, kota nampak suram dan lengang.

Meski begitu, rupanya kota itu tak sepenuhnya kosong. Banyak zombie ‘hidup’ meski terjebak di dalam bangunan yang hancur. Manusia yang masih tersisa, bertahan hidup tanpa saling peduli satu sama lain.

Mantan angkatan bersenjata, Jeong-seok (Gang Dong-won), kembali ke kota itu untuk sebuah misi. Dia bertemu dengan sejumlah manusia yang masih hidup, namun mendapati tatanan sosial dan budaya sudah berubah.

Hukum yang berlaku adalah hukum alam, dimana yang kuat yang menang. Kini, dia berada di dunia yang kacau dan mengetahui serangan virus masih mengancam mereka yang hidup.

Sutradara Train To Busan 2: Peninsula, Yeon Sang-ho menunjukkan kota kini menjadi lebih kacau dibanding pada Train To Busan 1, ketika Gong Yoo dikejar-kejar Zombie saat serangan mulai merebak pertama kalinya.

Selain Gang Dong-won, film ini juga akan diramaikan oleh Lee Jung-hyun, Lee Ri, Kwon Hae-hyo, Kim Min-jae, Koo Kyo-hwan, dll. Yang siap berdebar dan ketakutan, jangan lewatkan film satu ini.

The Closet

The Closet merupakan film horor perdana yang dibintangi oleh aktor papan atas Ha Jung-woo dan Kim Nam-gil. Film yang disutradarai Kim Kwang-bin ini tayang di bioskop Indonesia pada 4 Maret 2020, sekitar sepekan sebelum kasus Covid 19 pertama di Indonesia diumumkan.

Selain keseraman dari hantu-hantu pengganggu, film yang tayang perdana 5 Pebruari 2020 di Korea selatan ini, mengangkat hubungan antara anak dan orang tua.

Seorang arsitek bernama Sang-won (Ha Jung-woo) dan anak perempuannya yang bernama I-na (Heo Yool) pindah ke rumah baru mereka. Pindah rumah ini, merupakan salah satu upaya Sang-won untuk memperbaiki hubungannya dengan I-na, pasca kematian istrinya dalam sebuah kecelakaan.

Selama tinggal di rumah baru mereka, ada banyak kejadian janggal. I-na yang biasanya enggan berkomunikasi dengan ayahnya, tiba-tiba menjadi lebih ramah. Lalu, satu hari tiba-tiba bocah itu menghilang tanpa jejak.

Sang Won pun merencanakan pencarian. Ketika hendak menjalani misinya, ia didekati seorang pria misterius bernama Kyung Hoon (Kin Nam-gil) yang mengatakan bahwa I-na bukan anak pertama yang hilang.

Sekitar 32 anak telah hilang dalam 10 tahun terakhir. Menurut Kyung Hoon, lemari misterius di kamar I-na menjadi salah satu penyebab gadis itu menghilang.

Tak sekedar horor, film besutan sutradara Kim Kwang-bin ini, juga mengangkat antara hubungan orang tua dan anak. Hantu-hantu dalam film ini, adalah anak-anak yang dulunya tidak memiliki hubungan baik dengan orang tua mereka.

The Honest Candidate

The Honest Candidate dirilis pada 12 Februari 2020. Film bergenre komedi ini dibintangi Ra Mi-ran, Kim Moo-yul, Na Moon-hee, Yoon Kyung-ho.

Film ini berkisah tentang Politisi Joo Sang-sook (Ra Mi-ran) yang merupakan anggota majelis nasional. Dia telah terpilih 3 kali dan sekarang mencalonkan diri untuk masa jabatan ke-4.

Dia biasanya berbohong dalam hal-hal kecil dan pandai berkata manis untuk menarik simpati dari masyarakat. Namun, pasca pertikaian antara dirinya dan sang nenek, Joo Sang-sook tiba-tiba dia tidak bisa lagi berbohong. Dia berkata jujur terhadap segala sesuatu dan itu membuat keadaan berubah.

Deliver Us From Evil

Deliver Us From Evil dirilis pada 5 Agustus 2020. Film bergenre laga ini dibintangi Hwang Jung-min, Lee Jung-jae, dan Park Jung-min.

Deliver Us From Evil menceritakan kasus penculikan yang terjadi di Thailand. In-nam (Hwang Jung-min) baru saja menyelesaikan tugas terakhirnya untuk kontrak sewa sebagai pembunuh. Dia sadar kasus itu segera menjadi besar dan namanya akan dicari banyak orang.

In-nam menuju ke Thailand. Di sana, dia bertemu pembantunya, Yoo-yi (Park Jung-min), dan mereka menangani kasus penculikan tersebut.

Sementara itu, Ray (Lee Jung-jae) mengetahui bahwa saudara kandungnya dibunuh oleh In-nam. Untuk membalas dendam, dia juga menuju ke Thailand. Apa yang akan terjadi?

Alive

Alive merupakan salah satu film Korea tahun 2020 yang sempat beberapa kali mengalami penundaan perilisan lantaran pandemi Covid 19. Film yang akhirnya diputar perdana pada 24 Juni 2020 ini, dibintangi Park Shin-hye, Yoo Ah-in, dan Lee Dong-kyu.

Alive berkisah tentang sebuah kota yang terinfeksi oleh virus misterius, sehingga menyebabkan kota itu tak terkendali. Joon-woo (Yoo Ah-in) dan Yoo-bin (Park Shin-hye) berjuang untuk bertahan hidup di kompleks apartemen yang terisolasi dari mereka yang terinfeksi virus.

Segala sesuatu termasuk internet, telepon, dan listrik telah terputus di sekitar apartemen. Dan keluar dari tempat mereka tinggal, merupakan tindakan penuh resiko.

Meskipun awalnya tidak mengenal satu sama lain, mereka berusaha bertahan serta saling menolong dengan cara masing-masing. Untuk kalian para penggemar Park Shin-hye dan aktor berbakat Yoo Ah-in, film satu ini sayang banget untuk tidak ditonton.

Steel Rain 2: Summit

Steel Rain 2: Summit merupakan film terbaru yang dibintangi aktor kharismatik Yoo Yeon-seok. Film yang dirilis pada 29 Juli 2020 ini merupakan sekuel Steel Rain yang dirilis pada tahun 2017.

Steel Rain 2: Summit, dibintangi sederet bintang ternama seperti Jung Woo-sung, Kwak Do-won, dan Kim Wang-do. Menceritakan Han Kyeong-jae (Jung Woo-sung), adalah presiden Korea Selatan. Dia mengupayakan perjanjian damai antara Korea Utara dan AS, yang akan menjadi landasan perdamaian di Semenanjung Korea.

Di bawah situasi internasional yang sulit, presiden Korea Selatan Han Kyeong-jae, Pemimpin Korea Utara (Yoo Yeon-seok), dan Presiden AS (Angus Macfadyen), berkumpul untuk pertemuan final mengenai perjanjian tersebut.

Kudeta terjadi di Korea Utara selama ini. Kudeta tersebut dipimpin oleh Kepala Komando Pengawal Tertinggi (Kwak Do-won), yang menentang perjanjian damai. Presiden Korea Selatan, Pemimpin Korea Utara, dan Presiden AS, diculik dan ditahan di kapal selam nuklir Korea Utara. (*)

Penulis: Kugy/Enda