10 Drama dan Film Terbaik Bae Suzy, Terbaru Start Up Bersama Nam Jo-hyuk

Bae Suzy adalah aktris dan juga penyanyi Korea Selatan yang sangat banyak dikagumi. Perempuan kelahiran 1994 ini dikenal sejak debutnya dalam girl band Miss A pada 2010 lalu. Kariernya semakin cemerlang ketika dia sejumlah drama dan film Korea yang dibintanginya, selalu laris di pasaran.

Terbaru, dramanya bersama aktor tampan Nam Jo-hyuk, Start Up, yang tayang perdana 17 Otober 2020 di TVN, langsung menyedot perhatian. Akting Suzy sebagai gadis bernama Seo Dal-mi, memikat para penggemar sejak episode perdana tayang.

Banyak orang menyukai Suzy, tidak hanya karena piawai bernyanyi dan dance, gadis berparas khas ini juga pandai berakting. Namanya melejit pasca drama Korea Dream High, laris manis pada 2010.

Buat kalian para penggemar Bae Suzy dan kini tengah menunggu episode terbaru drama Start-Up, tak ada salahnya menonton drama dan film lain si cantik satu ini. Untuk kalian, berikut koreoso.com rangkum 10 drama dan film terbaik Bae Suzy, lengkap dengan sinopsisnya.

While You Were Sleeping

While You Were Sleeping menjadi drama yang begitu banyak disukai saat tayang pada 2017 lalu. Selain jalan ceritanya yang menarik, drama ini juga bertabur bintang seperti Bae Suzy, Lee Jong-suk, Lee Sang-yeob, serta Jung Hae-in.

Drama yang masih dikenang sampai sekarang ini mengisahkan tentang Jung Jae-chan (Lee Jong-suk) yang merupakan seorang jaksa penuntut yang baru saja bertugas. Bersama adiknya Jung Seung-won (Shin Jae-ha), Jae-chan pindah ke rumah baru mereka.

Suatu malam ia bermimpi sedang menginterogasi seorang perempuan tersangka kasus kecelakaan. Mimpi itu sangat seram, di mana gadis itu kemudian bunuh diri dengan melompat dari atap gedung rumah sakit.

Hal yang lebih mengejutkan dari mimpi itu adalah kenyataan bahwa perempuan dalam mimpinya merupakan penghuni rumah sebelah, tetangga barunya, Nam Hong-joo.

Jae-chan memiliki kemampuan melihat masa depan melalui mimpi. Mengetahui apa yang akan terjadi pada Nam Hong-joo, dia berusaha mencegah terjadinya kecelakaan. Tak disangka, satu kejadian yang diubah membuat banyak hal ikut berubah di masa depan.

Uncontrollably Fond

Uncontrollably Fond merupakan drama Korea yang bisa membuat penontonnya haru biru. Dalam drama yang tayang pada 2016 ini, Bae Suzy beradu akting dengan Kim Woo-bin.

Di drama ini, Bae Suzy berperan sebagai No-eul, seorang PD dokumenter yang kerap mendapat masalah dalam pekerjaannya.

Uncontrollably Fond menceritakan tentang Shin Joon-young (Kim Woo-bin) dan No Eul (Bae Suzy), yang saling jatuh cinta saat remaja, namun kemudian terpisah oleh sebuah tragedi.

Mereka kembali bertemu saat telah dewasa. Shin Joon-young menjadi aktor dan penyanyi top. Ia cerdas dan menarik. Sementara No-eul adalah PD dokumenter yang sangat tekun dalam bekerja tetapi sering mendapat masalah.

Demi mempertahankan pekerjaannya, No-eul ditugaskan membawa Joon-young sebagai tamu di acara yang dia kerjakan. Orang-orang tidak tahu bahwa mereka saling mengenal di masa lalu.

Meskipun awalnya bersikap sinis dan menolak No-eul dengan kasar, Shin Joon-young sesungguhnya sangat mencintai No-eul. Dia masa lalu, dia telah mendedikasikan hidupnya demi menyelamatkan No-eul tanpa wanita itu tahu.

Dan kini, umur Joon-young tidak akan panjang lagi. Sebuah penyakit menyerang otaknya dan perlahan membuatnya kehilangan ingatan. Dia berharap bisa bahagia di akhir hidupnya yang berat, tetapi kenyataan antara ayah kandungnya dan keluarga No-eul membuat semuanya terasa lebih sulit.

Gu Family Book

Gu Family Book merupakan drama Korea yang tayang 2013 silam di MBC. Drama bergenre fantasi, romansa, aksi, dan sejarah ini dibintangi oleh Lee Seung-gi bersama dengan aktris cantik Bae Suzy.

Gu Family Book menceritakan tentang manusia setengah siluman, bernama Choi Kang-Chi (Lee Seung-gi) yang ingin menjadi manusia seutuhnya. Ibu Kang-chi adalah manusia, sementara ayahnya adalah Gumiho.

Namun upayanya untuk menjadi manusia bukanlah hal yang mudah. Ada banyak rintangan dan halangan yang harus dihadapi.

Choi Kang-chi jatuh cinta pada manusia bernama Yeo Wool (Bae Suzy) yang bisa menerima dia apa adanya.

Drama yang diperankan Lee Seung-gi bersama Bae Suzy ini berhasil menghantarkan mereka pada sebuah penghargaan “Best Couple Award” dalam ajang MBC Drama Awards 2013.

Dream High

Dream High adalah drama yang tayang pada 2011 dan dibintangi oleh Kim Soo-hyun, Bae Suzy, TaecYeon, Ham Eun-jung dan Wooyoung. Dalam drama berjumlah 16 episode ini, Bae Suzy berperan sebagai Ko Hye-wi, seorang gadis yang populer dan banyak disukai.

Dream High menceritakan tentang kehidupan siswa Sekolah Tinggi Seni Kirin yang bercita-cita menjadi superstar.

Song Sam-dong (Kim Soo-hyun) jatuh cinta dengan Ko Hye-mi (Bae Suzy) pada pandangan pertama dan ia ikut masuk ke Sekolah Tinggi Seni Kirin. Di sana ia menemukan bakatnya dalam bermusik.

Jin Gook (TaecYeon) adalah penari berbakat, namun kerap membuat masalah di sekolah. Direktur Sekolah Tinggi Seni Kirin (Bae Yong-joon) merekomendasikan kepada Jin Gook untuk mendaftar di sekolahnya. Di sana, bakat Jin Gook berkembang dan ia bermimpi menjadi seorang bintang.

Big

Big merupakan drama yang tayang pada 2012 silam. Drama ini begitu dinanti-nanti kala itu. Tak hanya Bae Suzy, drama ini juga dibintangi oleh Gong Yoo, Lee Min-jung, Shin Won-ho, dan Jang Hee-jin.

Drama romansa ini menyuguhkan kisah cinta menarik, tentang seorang guru SMA bernama Gil Da-ran (Lee Min-jeong). Suatu hari, dia bertemu Kang Kyung-joon (Shin Won-ho), yang merupakan anak baru di sekolah tempat ia mengajar.

Da Ran merupakan tunangan Seo Yun-jae (Gong Yoo) dan sedang merencanakan pernikahan mereka.

Big bercerita tentang pria yang tertukar tubuhnya dengan orang lain. Seo Yoon-jae yang berusia 30 tahun dan Kang Kyung-joon yang berumur 18 tahun, tertukar tubuh karena sebuah kecelakaan.

Lalu, seorang gadis SMA bernama Jang Ma-ri (Suzy) yang telah menyukai Kang Kyung-joon, datang dari Amerika untuk mencari pria yang dia cintai itu. Namun, tubuh pria yang disukainya itu terbaring koma di rumah sakit, sementara jiwanya masuk dalam tubuh orang lain.

The Sound of a Flower

The Sound of a Flower dirilis pada 2015. Dalam drama ini Bae Suzy berperan sebagai Jin Chae-sun, penyanyi pansori pada zaman dinasti Joseon. Drama ini juga dibintangi oleh Ryoo Seung-ryong, dan Song Sae-byeok.

The Sound of a Flower menceritakan pada tahun 1867, Shin Jae-hyo (Ryoo Seung-ryong) memimpin Dongrijungsa yang mengajarkan pansori (mendongeng musikal Korea tradisional).

Seorang gadis muda, Chae Sun (Bae Suzy), yang ingin menunjukkan kemampuannya, muncul di depannya. Chae-Sun bermimpi melakukan pansori sejak dia pertama kali melihat Shin Jae-hyo tampil saat dia masih kecil. Namun, Shin Jae-hyo menolaknya karena wanita tidak diperbolehkan melakukan pansori.

Chae Sun kemudian menyamar sebagai pria dan memasuki Dongrijungsa untuk belajar pansori, tetapi Shin Jae-hyo tidak menerimanya sebagai muridnya.

Suatu hari, dia mendengar Daewongun (Kim Nam-gil), pria paling berkuasa di Joseon dan ayah Raja, akan mengadakan kompetisi nasional para pemain pansori yang dikenal sebagai ‘Naksungyeon’. Shin Jae-hyo memutuskan untuk mengajari Chae Sun yang memiliki suara indah untuk melakukan ‘Chunhyangga’.

Jika ada yang tahu bahwa Chae Sun adalah seorang wanita, Shin Jae-hyo dan Chae Sun akan menghadapi masalah besar. Nyawa mereka menjadi taruhannya.

Vagabond

Vagabond merupakan drama Bae Suzy yang dirilis pada November 2019. Drama ini menjadi salah satu yang cukup banyak disaksikan bahkan meraih rating tinggi sejak hari pertama penayangannya. Dalam drama ini Bae Suzy berperan sebagai Go Hae-ri, seorang agen NIS yang bekerja di kedutaan Korea Maroko.

Vagabond menceritakan tentang Cha Dal-geon (Lee Seung-gi) yang merupakan seorang akrobat dan bercita-cita menjadi aktor aksi terkenal di dunia. Cha Dal-geon merawat keponakannya yang ditinggal meninggal sang ayah, kakak Cha Dal-geon.

Suatu hari, keponakannya melakukan perjalanan dari Incheon ke Maroko untuk pameran taekwondo. Namun penerbangan itu mengalami kecelakaan.

Di Maroko, Cha Dal-geon melihat orang yang sangat mirip dengan penumpang lain yang sempat terekam oleh keponakannya sebelum penerbangan. Ia kemudian langsung yakin bahwa pesawat yang ditumpangi keponakannya itu disabotase oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Go Hae-ri (Bae Suzy) adalah agen NIS yang berada dalam misi penyamaran di kedutaan Korea Maroko. Karena kecelakaan itu, dia ditugaskan membantu para keluarga korban penerbangan naas tersebut.

Cha Dal-geon meminta bantuan Go Hae-ri agar membantu memecahkan masalah itu. Namun, satu persatu teror datang dan menghadang mereka. Kecelakaan itu terkait dengan konspirasi besar, yang melibatkan jaringan internasional dan orang-orang berpengaruh di Korea Selatan.

Architecture 101

Architecture 101 merupakan salah satu film yang dibintangi oleh Bae Suzy bersama aktor dan aktris kenamaan seperti Lee Je-hoon, Han Ga-in, dan Uhm Tae-woong. Film ini dirilis 22 Maret 2012 dan menjadi salah satu film Korea yang banyak disukai.

Architecture 101 bercerita tentang Arsitek 35 tahun bernama Seung-min (Uhm Tae-woong) yang suatu hari menerima kunjungan seorang wanita ke kantornya. Seung-min tidak mengenali wanita itu pada awalnya, tetapi kemudian menyadari bahwa wanita itu adalah Seo-yeon (Han Ga-in), seorang yang dia kenal di perguruan tinggi.

Seo-yeon adalah cinta pertamanya, tetapi ia tak pernah bertemu lagi dengan Seo-yeon sejak masih di perguruan tinggi.

15 tahun yang lalu, Seung-min (Lee Je-hoon) adalah pemuda lugu yang mulai belajar arsitektur di perguruan tinggi. Dia pertama kali bertemu Seo-yeon (Bae Suzy) di kelas Arsitektur 101-nya. Saat mereka mengerjakan proyek kelas bersama, Seung-min dan Seo-yeon mulai jatuh cinta.

Tetapi kesalahpahaman membuat mereka berpisah tanpa kata perpisahan. Kini, Seo-yeon datang kembali dan meminta Seung-min mengerjakan proyek renovasi rumah orang tuanya. Mereka kembali bertemu, dan akankah ini menjadi kesempatan bersama atau justru untuk mengucapkan perpisahan dengan benar?

Ashfall

Ashfall juga menjadi salah satu film terbaru Bae Suzy. Film ini dirilis pada 19 Desember 2019, menceritakan Gunung Baekdu yang tiba-tiba meletus, sehingga membuat panik banyak orang.

Ashfall mengisahkan pejabat pemerintah Jeon Yoo-kyung (Jeon Hye-jin) yang menemui Profesor Kang Bong-rae (Ma Dong-seok), setelah letusan pertama Gunung Baekdu. Kang Bong-rae adalahprofesor geologi yang mempelajari Gunung Baekdu dan ia memperingatkan bahwa kemungkinan terjadi erupsi selama 3 tahun terakhir.

Kang Bong-rae dipercaya untuk menemukan solusi. Berdasarkan penelitiannya, ia menemukan satu cara yang teramat sulit, namun hal itu bisa digunakan meredam letusan Gunung Baekdu berikutnya.

Untuk merealisasikan rencana itu, Sang Profesor dibantu oleh Jeon Yoo-kyung (Jeon Hye-jin), salah satu sekretaris Presiden. Tetapi, kunci utama dari strategi untuk meredam letusan gunung ini berada di pundak Kapten Jo In-chang (Ha Jung-woo).

Jo In-chang diberi tugas bergabung kembali ke dalam pasukan khusus dan harus meninggalkan istrinya, Choi Ji -young (Bae Suzy) yang tengah hamil tua. Kini dia berada dalam misi sangat berbahaya, sementara istrinya juga berada dalam situasi sulit.

Kapten Jo In-chang harus menemui Lee Jeon-pyeong (Lee Byung-hun), salah satu orang yang tahu bagaimana senjata terbaik bisa digunakan untuk meredam ledakan Gunung Baekdu. Apa senjata rahasia yang dimiliki Profesor Kang Bong Rae? Apakah menggunakan hulu ledak nuklir demi menghentikan aktivitas Gunung Baekdu adalah tindakan yang benar?

Start-Up

Start-Up merupakan drama Korea terbaru yang tayang di TVN sejak 17 Oktober 2020 setiap Sabtu dan Minggu malam. Drama yang mengisahkan orang-orang di dunia perusahaan rintisan atau startup ini, dibintangi Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, dan Kim Seon-ho.

Start-Up menceritakan Seo Dal-mi (Bae Suzy), yang bercita-cita menjadi Steve Jobs dari Korea. Dia adalah seorang gadis bersemangat yang tidak memiliki banyak harta, tetapi punya rencana besar. Dia kaya akan pengalaman dalam berbagai pekerjaan paruh waktu dan seorang dengan vitalitas tinggi.

Nam Do-san (Nam Joo-hyuk) adalah pendiri Samsan Tech. Di masa remaja, dia adalah seorang jenius matematika dan pernah menjadi kebanggaan keluarganya. Tetapi, dua tahun terakhir dia tidak kemana-mana dan bersama dua temannya, fokus pada perusahaan rintisan milik mereka sendiri.

Han Ji-pyung (Nam Da-reum), adalah seorang yatim piatu dari panti asuhan. Dia memulai usahanya dengan investasi sejak masih sekolah. Kini, han Ji-pyung (Kim Seon-ho) adalah seorang pemimpin tim di SH Venture Capital.

Keterampilan investasi yang menakjubkan dan lidahnya yang tajam membuat Han Ji-pyung mendapat julukan ‘Gordan Ramsay-nya dunia investasi’. Meskipun terlihat sebagai seorang yang jahat bagi kebanyakan orang, dia bersikap sangat lembut kepada satu orang istimewa yang memberinya bantuan besar di masa lalu.

Won In-jae (Kang Han-na) memiliki segala hal yang dikagumi orang, baik latar belakang pendidikan, penampilan, dan uang. Tapi dia justru menganggap latar belakangnya sebagai chaebol generasi kedua adalah kelemahan.

Won In-jae pun melakukan semua yang dia bisa untuk menciptakan kesuksesan sendiri dan diakui atas keahliannya. Namun, dia akhirnya dimanfaatkan dan dibuang oleh ayah tirinya, sehingga memutuskan untuk terjun ke sebuah startup.

Penulis: Kugy/ Enda